Thursday, November 30, 2017

TAHAPAN PEMBUATAN BODI GITAR AKUSTIK PEMULA

1. Perekatan bagian Depan, dan belakang bodi
    a. Menguatkan Bagian depan bodi
        Pertama kali kalian harus menentukan tipe gitar akustik apa yang kan kalian buat. Caranya kalian pinjang gitar akustik kemudian kalian teplak bagian bodi ke kertas karton. Gunting gambar piringan bodi pada kertas karton yang akan digunakan mencetak piringan bodi ke triplek.
     
Untuk piringan yang atas kalian harus memperkuat dengan memasang potongan kayu yang tebalnya kira-kira 1 cm dengan pola seperti dibawah ini . Kalian dapat menggunakan pola yang lain yang kalian ketahui aja.

Piringan bagian belakang supaya mudah jangan dahulu di beri kayu. Sabar dahulu nanti setelah lengkungan selesai dibuat langsung tempel aja.

  b. Membuat lengkungan samping bodi
              Memebuat lengkungan pertama-tama kalian harus membuat dahulu mal/tempat membentuk lengkungan bagian sisi bodi gitar, ni seperti ini .




                 Kalian dapat memanfaatkan sisa potongan dari piringan bagian depan dan belakang. Kemudian kalian lapisi dengan kayu sampai kokoh. Kayu palisan tebalnya kira-kira 7-9 cm sesuaikan dengan ketebalan bodi gitar yang kalian mau.
Nah dari tahapan membuat bodi gitar bagian ini kalian harus menggunakan kesabaran, ketekunan, kehati-hatian. Karena kalu tidak seperti itu triplek akan mudah patah. 
Pertama kali kalian potong triplek dengan ukuran lebar 10 cm atau sesukamu dan panjang sesuikan dengan panjang keliling sisi lengkungan bodi gitar. 
Membuang sisi trplek bagian dalam dengan menggunakan mesin hamplas. Ini berguna supaya mempermudah dalam pembentukan lenkungan. Untuk lengkungan yang memungkinkan triplek patah kalian dapat lakukan cara seperti ini : 


Setelah lapisan dalam teriplek di buang, kalian tentukan posisi mana yang akan di bengkokan. Pada posisi yang akan dibengkokan dibasahi pake air. 

Semudah ini kalian membengkokan kriplek, yaitu menggukan sedtrika dan mengkoman dari kayu. Hati-hati jangan tergesa-gesa 

           Perose pembengkokan triplek memang tidak langsung kaku, karena triplek. Jadi perlu Penahan untuk meletakan lapisan triplek pada mal bodi gitar. Alat yang digunakan sangat simpel yaitu dengan menggunakan karet gelang, seperti pada gambar.


Ini fungsi supaya sisi triplek mengikuti bentuk mal. Pada bagian penempatan nek diberi bantalan kayu yang lebih tebal sekitar 4-5 cm.



Sebelum dipelaskan karet gelang penahan Triplek, kalian buat dari kayu tipi yang tebalnya  kira-kira 2cm. Ini berguna menahan Bagian tengah, karena bagiantengah ini menjadi titik utama supaya triplek tidak berubah lagi. 


        Tiap tepi sisi lengkungan triplek diberi porongan kayu tipis. Jika tipis sekali tidak perlu diberi potongan-potongan kecil.



c. Merekatkan bagian depan dan belakang



 Pada waktu mengeluarkan bodi gitar dari mal, kalian potong dahulu piringan depan dan belakang dampai pas ketepi sisi lengkungan. Ini supaya lebih mudah mengeluarkan bodi gitarnya. 
nah itu tahapan membentuk bodi gitar yang sederhana.  selanjutnya tinggal pembuatan nek gitar akustiknya, sekian kalo ada pertanya silahkan komen aja. Terimakasih  

3 comments:

Unknown said...

Ukuran triplek brp meli bg.

Dicky Octavianto said...

🙏

anank said...

Assalamu'alaikum,
Kalau pesen gitar dg bahan triplek nya tebal di atas 5ml gitu bisa? Supaya suaranya lebih merdu.